Selasa, 31 Januari 2012

Teori Belajar Konstruktivisme


Teori belajar kontruktivisme menyatakan bahwa belajar merupakan proses aktif pelajar mengkonstruksi arti teks, dialog, pengalaman fisis dan lain-lain. Belajar juga merupakan proses mengasimilasikan dan menghubungkan pengalaman atau bahan yang dipelajari dengan pengertian yang sudah dipunyai seseorang sehingga pengertiannya dikembangkan.
Proses tersebut antara lain bercirikan : Belajar berarti membentuk makna, konstruksi arti itu adalah proses yang terus menerus, belajar bukanlah kegiatan mengumpulkan fakta melainkan lebih suatu pengembangan pemikiran dengan membuat pengertian yang baru, proses belajar sebenarnya terjadi pada waktu skema seseorang dalam keraguan yang merangsang pemikiran lebih lanjut, hasil belajar dipengaruhi oleh pengalaman pelajaran dengan dunia fisik dan lingkungannya serta hasil belajar seseorang  tergantung pada apa yang telah diketahui pelajar : Konsep-konsep, tujuan dan motivasi yang mempengaruhi  interaksi dengan bahan yang dipelajari. Menurut teori konstruktivisme suatu prinsip yang paling penting adalah guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa., tetapi siswa harus membangun sendiri pengetahuan dibenaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar